Sunday, November 1, 2020

Antara Bisa Dan Tak Bisa

 ANTARA BISA DAN TIDAK BISA



A. Profil Singkat  Penulis

        Nizariah, seorang  guru sosiologi  lahir tahun 1976 tepatnya tanggal 1 April di sebuah Desa Tiro Kabupaten Pidie Provinsi Aceh.  Penulis merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara. Setelah tamat SD kami semua melanjutkan sekolah ke Kota, bukan berarti di Desa kami tidak ada  SMP namun di kota ada yang mengawasinya, karena orang tua kami bekerja sebagai pedagang yang pindah-pindah dari kota yang satu ke kota yang lain. 

        Penulis hidup dalam keluarga yang harmonis walaupun sering ditinggal oleh orang tua namun cukup Bahagia karena saling menjaga, saling memotivasi dan saling menyayangi, dan Alhamdulillah semuanya jadi PNS dan semua sudah berkeluarga. Penulis mempunyai seorang anak laki-laki berusia 15  tahun Pendidikan SMAN 10 Fajar Harapan kelas X.

        Pendidikan formal Penulis normal selayaknya anak-anak lain, dimulai dari SD, SMP,SMA, D3 Kesekretarisan, S1, S2 dan sekarang aktif kuliah di S3 IPS Unsyiah. Ahamdulillah semua kegiatan dan syarat pendidikan penulis lalui tanpa hambatan. Begitu juga dengan karir dari guru kontrak sampai menjadi kepala sekolah.


B. Semangat Menulis

        Diawali dengan bergabung di WAG  Belajar Menulis Gelombang 16, setiap pembelajaran penulis ikutin dengan seksama namun penulis tidak pernah selesai membuat resume, terkadan juga perasaan ini gundah gulana dalam menyelesaikan resume. Penulis bertanya-tanya dalam hati apa sebenarnya yang membuat penulis tidak bisa menyelesaikan resume pembelajaran di WAG, sementara dalam menyelesaikan tugas menulis di kuliah lancar-lancar aja, baik itu LKP, skripsi, tesis, dan sekarang sudah membuat journal Internasional (tugas MK Metedologi dan Publikasi). “Apakah  karena sibuk, capek, kurang pokus, malas, atau kurang motivasi, kurang percaya diri, …?”

        Dalam kebingungan ini tiba-tiba hati ini terpaut pada wa  Bu Aam Nurhasanah tanggal 15 Oktober 2020 tentang “Minat Join Buku Antologi Bersama Bunda Kanjen, join di link https://chat.whatsapp.com/GcaUnpZy5eMBw2eZAPkxMj namun masih juga belum sempat bergabung, 15 hari kemudian penulis membuat suatu keputusan untuk bergabung di WAG Semangat Menulis II.

        Salah satu anggota group yang membangkitkan semangat saya dalam menulis beliau bernama  Bu Aam Nurhasanah dengan memberi penulis sebuah link https://aamnurhasanah12.blogspot.com/2020/10/motivatorku-inspiratorku_15.html. Penulis membuka link tersebut dan mulai membaca dengan cermat dan teliti tentang sosok inspirasi  Bu Aam Nurhasanah, ternyata isinya benar-benar menghentakkan hati dan naruni untuk segera menyelesaikan sebuah tulisan. Bagaimana tidak sosok tersebut yang dikenal dengan Bu Kanjeng tersebut mempunyai nama Drs. Sri Sugiastuti, M.Pd. diusianya yang setengah abat masih mau belajar menulis. Sampai saat ini beliau telah banyak menulis buku

Menurut Bu Aam Nurhasanah tentang “Tip Menulis” yang diabadikan dalam buku antologi yang berjudul “Semangat Menulis Bersama Bunda Kanjeng.” yaitu:

Tips Menulis

Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjadi seorang penulis: 

  • Banyak membaca.Apa yang kita baca amat menentukan gaya kepenulisan kita.
  • Mencoba menulis di komputer Anda, buku harian Anda, ataupun di media sosial seperti facebook, dan juga blog. Semakin banyak kita menulis maka kita semakin mengasah kemampuan kita untuk menulis. 
  • Mengirimkan tulisan ke media cetak atau  ke penerbit buku.
  • Teruslah menulis Jika naskah Anda ditolak atau sudah pernah diterbitkan, teruslah menulis. Kembangkan terus kemampuan Anda dan perbanyak karya-karya Anda.

Tips Disiplin Menulis

Pernahkah ketika Anda punya ide, kemudian mulai menulis tapi Anda selalu menunda menyelesaikan tulisan tersebut. Berikut adalah tipsnya agar disiplin menulis. Buat kerangka tulisan (outline).

  • Buat target/dead line
  • Fokus menyelesaikan tulisan Anda 
  • Reward & punishment 
  • Memilih Judul Yang Menarik
  • Sesuaikan dengan tema tulisan. Sebelum membuat judul yang menarik, buatlah judul tersebut sesuai dengan tema tulisan
  • Buat judul dengan kata yang mudah diingat. 
  • Buatlah judul yang membuat orang penasaran untuk membaca isinya

Tips Mencari Ide
  • Ide adalah hal penting dalam berkarya. Untuk membuat sebuah tulisan membutuhkan ide. Berikut adalah beberapa tips mencari ide: 
  • Bacalah sebanyak mungkin buku. 
  • Refreshing. Pergi ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi untuk menyegarkan otak Anda dari rutinitas.
  • Tulis apa yang bisa Anda tulis Jika Anda belum mendapatkan ide, cobalah.
  • Cari referensi dari berbagai media.
  • Anda juga bisa menggunakan cara ATM (amati, tiru, modifikasi).


        Tip diatas  penulis baca berulang kali sampai bersahabat di dalam pikiran penulis, sehingga menggerakkan penulis untuk mencoba memulai menulis. Setelah Bu Kanjeng masih ada motivator penulis yaitu  yang akrab dipanggil Om Jay (Pak Wijaya Kusuma), seorang bloger terkenal dengan berbagai prestasi dalam  literasi, bahasanya santun, enak didengar, penyampaian berstruktur sehingga mudah dipahami dan tidak membosankan.

Selain Bu Aam Nurhasanah, Bu kanjeng, Om Jay masih ada Bu Uci/Mak Butet semua sangat bersahabat, saling memotivasi sangat senang berada dalam group orang-orang hebat. Ada lagi Pak D Susanto yang mengirim link  https://valenciaaura.blogspot.com/2020/20/membuat-blog.html?m=1 tentang pembuatan blog, ternyata sangat mudah membuat blog. Dan masih banyak lagi inspirator-inspirator lainnya.

Menulis dapat diartikan sebagai komunikasi, yaitu; ada pesan, ada pembawa pesan (penulis), ada pesan (tulisan), ada penerima pesan (pembaca), adanya media (alat tempat di tempatkan tulisan; buku, blog, atau sosial media), dengan menulis membawa dampak yang positif, pengembangan kreatifitas dan inspirasi, mengingkatkan kecerdasan, kemampuan menghimpun informasi dan  menumbuh keberanian.

Penulis menyadari bahwa selama ini penulis masih kurang berani, untuk memulai menulis di WAG, namun setelah banyak menghimpun informasi dari berbagai nara sumber yang hebat, maka tumbuh suatu keberanian untuk memulai menulis. Semoga kedepan penulis akan lebih lancar dalam menyalurkan ide dan kreatifitas, dalam tidak terlepas dari bimbingan para pakar/ahli yang ada dalam WAG ini.

Terakhir penulis membucapkan banyak terima kasih atas bimbingan dan motivasi yang telah diberikan kepada penulis baik oleh para Ahli maupun teman seperjuangan

No comments:

Post a Comment

  SMA Negeri 1 Ingin Jaya meraih special Award pada even Internasional  di Bangkok Boeh Giri Body  Scrub, nama sebuah lulur produk inovatif ...