Monday, November 23, 2020

 


Menulis Autobiografi 



Sudah lama keinginan saya utuk menulis riwayat hidup seseorang yang sangat dekat dalam hidup saya. namun sampai saat ini belum terlaksana. semoga setelah mengikuti kelas malam ini segera membangkitkan semangat untuk memulai menulis.  

Bu Aam malam ini kelihatan lebih bersemangat begitu juga dengan saya  mungkin karena Om Jay juga sudah kelihatan lebih sehat, dan selanjutnya Bu Aam langsung mempersilahkan kepada pemeteri untuk memulai kuliah malam ini.  Pemateri hari ini adalah sekorang Kepala Sekolah yang bernama Suparno,  S.Pd.,M.Pd, lahir  di Magetan  25 Juli  1966 dan tinggal di  Desa  Pojoksari  RT 21 RW 3 Sukomoro  Magetan.

Berikut Jejak  Literasi Bapak Suparno;

1. Perjuangan  Hidupku, Telaga  ilmu,  2019.

2. Pranatacara lan Pamedhar Sàbda

3. Potret  Desa  Pojoksari 

4. Permasalahan BK di Sekolah.

5. Catatan  harian  seorang  Kepala  Sekolah 

6. Catatan  Kepala  Sekolah.

Berbagai prestasi  yang pernah  dicapai;

1. Lulus terbaik D3 IKIP Surabaya tingkat  jurusan th 89.
2. Lulus terbaik  tingkat  jurusan  S1. Universitas  Wima  th 1996.
3. Guru Berprestasi  Tingkat  Kabupaten tahun 2011 Juara  2
4. Narasumber  Nasional Guru  Pembelajar  2016 s.d  2018

Menurut Pak Pak Suparno ada 3 katagori dalam menulis riwayat hidup seseorang

1. Biografi berasal  dari kata biography  artinya  riwayat  hidup 

2. Autobiography  adalah  riwayat  hidup  yang ditulis  sendiri .

3. Autobiography  kb. (j. -phies) riwayat hidup yang ditulis sendiri.


Selanjutnya beliau mengatakan manfaat  apa saja yang kita dapatkan menulis  buku biografi?

1. Mengabadikan  riwayat  hidup kita,  sehingga  kalau  kita  sudah  meninggal  anak  cucu kita,  akan        mengetahui  bahwa  kakeknya  dulu  semasa hidup  di dunia  ceritanya  begini.  

2. Dari  pengalaman  yang baik pada diri kita bisa menjadi  pembelajaran  bagi orang orang  setelah            kita. Sehingga  menjadi  ilmu  jariah bagi  kita.

3. Menjadi motivasi  berprestasi  bagi  kita,  karena suatu  saat  ingin  menambahkan riwayat  hidupnya      menjadi  cerita  berprestasi  lainnya. 

4. Rasanya  rugi segudang  prestasi yang anda miliki  kalau  tidak dituliskan  akan lenyap   ditelan              jaman.


Untuk menulis buku autobiografi maka sebaiknya kita membaca kisah orang lain yang telah diabadikan dalam buku supaya kita terinspirasi dan ada banyangan untuk memulai menulis buku. setelah kita baca beberapa buku maka langkah selanjutnya kita bisa memulai membuat ouline dari hidup kita.


    

Buku karangan Pak Suparno yang menarik perhatian saya adalah  "Perjuangan  Hidupku" Buku  ini  setebal  173 halaman beliau selesaikan dalam  bulan.  semuanya kisah beliau.maka  tulisannya  mengalir  seperti  aliran sungai  yang jernih  di gunung yang  belum  tersentuh  tangan jahat  manusia. dan satu buku lagi yaitu Buku "Catatan Seorang Kepala Sekolah.

Kenapa menulis autobiografi sangat mudah di lakukan/ menurut Beliau; karena Menulis buku  autobiografi  adalah  tingkatan  menulis yang paling  mudah,  karena semuanya  sudah  di  alamai  atau  dilakukan. Jadi  menulislah  apa  yang  kau  lakukan,  yang kau rasakan, yang kau  pikirkan,  yang kau  impikan, yang kau hayalkan.

Pak Suparno melanjutkan bahwa menulislah  apa yang kau  kuasai,  menulislah  yang kau  sukai.  Karena  yang dikuasai  maka  kualitas  tulisannya  menjadi lengkap,  detail dan berbobot.  Karena  yang disukai  maka  menulis  itu  merasa enjoy,  senang  sehingga  kegiatan  itu  dilakukan  secara  terus menerus  sehingga  pekerjaan  menulis cepat  selesai. Karena  yang dusukai  maka  menulis  itu  melibatkan  rasa dalam  hati  sehingga  bahasanya  juga enak  dibaca dirasakan  dalam  hati pembaca.






Dua  buku  diatas awal mula  yang membuat inspirasi Pak Suparno untuk memulai menulis karena setalah beliau  baca tuntas. Kemudian  beliau segera  menulis  outline. Setelah  membuat  outline  kemudian membuat  jadwal  menulis,  misalnya  setiap hari    beliau harus menulis  satu judul.  Dan kita harus disiplin  dan konsisten  dengan jadwal  itu. Tidak  ada perkara  besar  yang bisa diselesaikan dengan  tidak  disiplin  dan konsisten.

Penulis  itu  memang  orang  hebat,  orang luar  biasa.  Pemikirannya  pasti  melampaui kebanyakan  manusia. Penulis  itu pengetahuannya  mendalam sedalam samudra, memiliki  wawasan  yang luas,  seluas  jagad  raya.

Oleh  karena  itu  penulis  hebat  pasti  memiliki  kegemaran  membaca.  JK Rowling penulis buku Harty potter  sejak  masa  kanak  kanak  sudah menjadi  kutu  buku,  karena  difasilitasi  oleh  orang tuanya. Pada usia  11 tahun sudah menulis  buku. itu kadang kadang  dianggap  sebagai orang aneh. Kadang  rela  bajunya  sedikit,  rumahnya  sederhana,  mobilnya  sederhana,  tapi  bukunya  banyak. 

Selama menyimak kuliah malam ini tak habis-habisnya rasa takjub saya terhadap Pak Suparno, bagaimana tidak Istri dan anaknyapun bisa menulis buku.  dibawah ini adalah buku yang ditulis oleh istri dan anak beliau.



Buku yang berjudul Halo? adalah hasil cipta anak Pak Suparno yang katanya sampai difilmkan di sekolahnya dan film tersebut dapat juara 2. Keren hal ini membuat saya cemburu sama anak beliau artinya saya yang sudah kepala 4 masih belum bisa menghasilkan 1 bukupun. boleh dong cemburu kebaikan. ini sebagai pemiju saya untuk segera menulis buku.



Filmnya  bisa ditonton pada link dibawah ini 😃🙏


https://youtu.be/s0NFFPrJomc


Saya terlena menonton film di atas sampai lupa kuliah belum berakhir. Kembali  kepada  jadwal  menulis, setelah  buku ditulis selanjutnya  di edit,  setelah itu  mintakan  pendapat  teman  untuk  diedit  ulang. Setelah itu  kirimkan  ke penerbit. Pilih  penerbit  mana  yang  menurut  penjenengan  bisa  mengantarkan  buku  anda  untuk  banyak  dibaca  atau  dibeli  orang. Cavernya  dibuat  yang baik  sehingga  "menjual". Tunggu  15 hari  buku  anda sudah  jadi.

Satu hal yang jangan lupa bahwa di dalam  buku  autobiografi tidak  usah  dicantumkan  daftar  pustaka,  karena di dalamnya  berisi  riwayat  pengalaman  hidup  pribadi. Seperti  halnya  novel  juga  tidak dicantumkan  daftar  pustaka. Karena  termasuk  cerita  fiksi  yang terlahir  dari  daya imajinasi  penulis.

Silahkan  sahabat  guru  hebat  Indonesia,  membuat  outline  buku  autobiografi  10 poin  saja,  yang nantinya  penting untuk  ditulis dalam buku termasuk  judul bukunya

Pak suparno menutup kuliah dengan menantang anggota untuk mengirim naskah, yang cepat kirim dan akan dipilih 3 orang  mendapat  hadiah  buku  Perjuangan  Hidupku atau  Catatan  Harian seorang  KS, dengan pengantar  Omjay atau Catatan KS penerbitnya Kamila Press-nya  pak Mukminin. 

Waduh saya berharap termasuk dalam 3 orang yang terpilih. semoga... aaamin


1 comment:

  SMA Negeri 1 Ingin Jaya meraih special Award pada even Internasional  di Bangkok Boeh Giri Body  Scrub, nama sebuah lulur produk inovatif ...