Monday, November 2, 2020

Semangat Menulisku Mulai Tumbuh

Semangat Menulisku Mulai Tumbuh

                                                                            (resume 13)




      Terimakasih Bu Aam Nurhasanah, telah membuka pembelajaran malam Selasa tanggal 2 November 2020,  Judul materi malam ini adalah  “Menulis Buku Yang Diterima Penerbit”   yang disampaikan oleh Pak Joko Mumpuni Direktur Penerbit Mayor PT Andi. Agak menarik sih karena malam ini beda dengan malam-malam sebelumnya, dimana menariknya? karena penyampaian materi dengan pengiriman slide dan diikuti oleh voice, jadi kita tidak bosan atau menoton, mungkin saya termasuk kedalam golongan yang belajar dengan cara visual.

Kilas Balik Materi 

      Pak Joko memulai materi mengajak kita bernostalgia ke masa-masa SD dulu karena menurut beliau pertama sekali kita belajar menulis  di kelas 1 SD,  saya jadi ingat Ketika pertama belajar menulis dan membaca buku, masih segar diingatan saya buku tersebut adalah Buku Bahasa Indonesia 1a, karangan Ibu Siti Rahmani Rauh, Jasanya sangat besar dalam pendidikan, semoga Beliua di lapangkan Kuburnya dan Allah masukan dalam surganya... aaamin




       
     Slide pertama tentang produk buku di pasar, kelompok buku diseruh dunia sudah lazim dengan skema sirip ikan menjadi kelompok besar yaitu; buku teks dan non teks.  Buku teks digunakan dalam pembelajaran baik PAUD, SD sampai SMA, perguruan tinggi dibagi lagi menjadi buku eksak dan non eksak, sedangkan non teks bibagi dalam 2 bagian ada buku fiksi dan non fiksi. Fiksi terdiri dari novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, dan non fiksi contohnya anak, aktifitas anak, pengetahuan umum.

       Menulis buku boleh ditulis oleh satu orang atau lebih, dan boleh di terbitkan oleh lebih dari satu lembaga agar terbentuk teptip market setiap lembaga sehingga buku tersebut sudah ada pasar minimal oleh anggota lembaga penerbit. Ada juga buku yang diterbitkan atas Kerjasama penerbit dengan kampus dan terdapat 2 logo, hal ini dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan umum, ini menguntungkan karena setiap tahun sudah jelas pasarnya.

Buku yang ditulis oleh dari satu orang disebut poli chapter, tiap penulis diberi tugas yang ditentukan oleh editor konten harus ada satu orang editor untuk membagikan tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan tepat waktu.



      Kemampuan dan keahlian tulis menulis kita bercermin terletak pada level yang mana👆, harus jujur pada diri sendiri, agar lebih bersemangat menulis

       Industry buku terdiri dari banyak pihak yang terlibat, setiap buku akan membuat semua karyawan di  dalam industry tersebut mendapatan pekerjaan dan upah untuk menghidupi dirinya dan keluarganya, sehingga penulis itu adalah orang yang paling mulia karena mereka dapat menghidupi banyak orang. Ayu jadi penulis yang bukunya akan diterbitkan oleh penerbit Mayor.

      Tingkat Literasi negara kita sangat rendah, disebabkan karena menjadi budaya kita yang malas membaca, mari tumbuhkan minat baca, minat nulis, karena orang kita memanfaatkan untuk nonton bukan untuk membaca, lebih senang minat ngobrol, sementara yang minat ngobrol itu juga sebagai materi, nah karena jarang menulis jadi tidak terkontrol ngobrol nya, seandainya yang diobrol ditulis maka akan banyak yang bisa ditulis, namun bila disuruh tulis baru beberapa kata yang kita tulis sudah terbata-bata, maka dari sekarang mari kita menulis. Manurut Pak Joko di slidenya ditulis bahwa Penghambat pertumbuhan industry penerbitan /literasi adalah;




       Kalau selesai menulis kirimkanlah ke penerbit, sehingga bisa langsung dipelajari oleh penerbit untuk menentukan kemungkinan penerbitannya untuk pertimbagan diterima atau ditolak, apabila diterima berarti penerbit menanggung semua biaya yang diterbitkan sampai kepada loyalty kepada penulis setiap kurun waktu tertentu. Penerbit Andi biasanya di transfer setiap 6 bulan sekali dari perhitungan hasil buku yang terjual lunas x harga x 10%. sampai pemotongan pajak untuk negara. Untuk mengatahui bila diterima akan diberitahu lewat surat resmi atau email. Selanjutnya akan diminta naskah lengkap dan sekaligus penandatanganan surat perjanjian naskah penerbitan, Naskah akan diedit, didesain Cover, di seting isinya oleh penerbit, jangan kawatir karena akan di edit, disempurnakan oleh editor.

        Di akhir materi ada tip untuk memilih penerbit yang baik;




     Wah… ternyata banyak orang gagal terbit buku karena tidak bergaul dengan calon penerbit, sehingga tidak tau  aturan yang ditetapkan oleh penerbit, kuncinya banyak-banyaklah membaca buku sehingga kita akan menemukan hal-hal penting yang ada dalam buku, apabila kita telah bersahabat dengan buku, maka kita tidak menghabiskan menonton sinetron di televisi mending kita belajar menulis dan membaca. Sebenarnya setiap orang punya potensi menulis tapi belum tau teknik dan kiat-kiat dalam menulis, dan tidak paham atauran penerbitan, malam ini saya sangat bersemangat dalam mempelajari ilmunya yang luar  biasa dari Pak Joko Direktur langsung  PT Mayor Andi yang sangat hebat dalam penyampaian materi,  kalau disekolah ibaratnya guru yang memahami karakter peserta didik, jadi disini saya merasa terhipnotis dalam mengikuti materi. Semoga kedepannya saya lebih bersemangat lagi sehingga bakat menulis saya bisa berkembang, terimakasih Pak Joko, terimakasi Om Jay, terimakasih Bu Kanjeng  dan terimakasi Bu Aam Nurhasanah.

37 comments:

  1. Replies
    1. Maaf saya mak2 yg chantik, masak di panggil Pak.. 😪
      Saya agi semangat Bu...
      Dan belum paham betul masalah blog 🤫

      Delete
    2. Maaf saya mak2 yg chantik, masak di panggil Pak.. 😪
      Saya agi semangat Bu...
      Dan belum paham betul masalah blog

      Delete
    3. MAAF..MAAF.....kita sama-sama cantik ya....hehe..

      Delete
  2. Semangat terus bu Nizar.. Terimakasih sudah membuat resumenya

    ReplyDelete
  3. keren bu, saya juga baru mulai bersemangat menulis setelah gabung di kels WA

    ReplyDelete
  4. Semangat bu, saya jg baru mengenal blog di group ini, salam blogger inspiratif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo... Kita sama2 belajar dam sama2 sukses... aaamin....

      Delete
  5. Resume yang lengkap.
    Masukkan dari saya, gunakan kalimat pendek yang diakhiri titik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik, akan saya korejsi lagi, tq koment nya...

      Delete
  6. Resume sanagat padat dan lengkap. Jika boleh memberikan masukan penataan paragraf lebih rapi akan lebih menarik. tetap semangat manulis pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok Bu Ida, itu katena saya buatnya di word dan kopi paste jadi beantakan.. Ntr saya coba perbaiki tq masukannya 😍

      Delete
  7. Ikut komentar ya!
    Kalau menurut saya, masih banyak yang perlu diperbaiki dari kata-katanya, Bu. Masih ada yang salah tulis dan belum sesuai kaidah yang benar.
    Namun, secara umum, resumenya sudah mewakili isi materi tadi malam. Sukses!

    ReplyDelete
  8. Untuk ukuran pemula di blogger keren bu, tinggal perbaikan beberapa hal saja. Learning by doing. Semangat

    ReplyDelete
  9. Semangat bu sy juga mulai ngeblog pas ikut grup ini, sambil belqjar aja bnayk tutorial di youtube atau beli buku di pak Brian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap... Smg kita bisa menulis, tetap semangat dong 😍

      Delete
  10. Isi resume nya sudah lengkap, bu.

    Jika boleh sedikit beri saran:
    1. Rata kiri kanan bisa diedit lagi.
    2. Dibuat spasi setiap paragraf.
    3. Alangkah lebih menarik, jika di tambahkan gambar yang mendudukung.

    Hanya sedikit masukan saja ya bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik, maklum baru bisa blog... 😀. Ntr saya perbaiki lagi. Tq Pak🙏

      Delete
  11. Makin tumbuh dan berkembang ya Bu semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok..👍.. Semoga guru2 yg ada di group ini g bosan2 membimbing

      Delete
    2. Ok..👍.. Semoga guru2 yg ada di group ini g bosan2 membimbing

      Delete
  12. Oke, ikut komentar juga ya.

    Kalau menurut saya sih, masih banyak kesalahan penulisan. Selain itu, ada satu paragraf yang kalimatnya panjang sekali, terbukti titiknya masih jauh. Ini menurut saya kurang cocok.

    Itu saja komentar saya. Semoga sukses terus ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik. Akan teris saya perbaiki. Tq masukannya 👍😍

      Delete
  13. Ayu... Kita sama-sama menginspirasi👍😍

    ReplyDelete

  SMA Negeri 1 Ingin Jaya meraih special Award pada even Internasional  di Bangkok Boeh Giri Body  Scrub, nama sebuah lulur produk inovatif ...