Monday, December 28, 2020




Pantun Budaya Mutiara Indoneisa




Senin tanggal 27 Desember 2020 pukul 20.30. WIB saatnya Acara Puncak Pergelaran Penganugerahan Pantun Budaya Mutiara di Batam, sedih memang aku tidak dapat mengikuti acara terebut karena aku termasuk dalam koor 1 pembacaan pantun kolosal sebagai pengisi acara tersebut. ketidak hadiranku semalam karena aku terdeksi positif corona, namun aku selalu berbaik sangka kepada Allah, kehendak Allah ini mungkin yang terbaik bagiku.

Acara ini dapat disaksikan secara live streming pada canel youtube  dibawah ini;

https://youtu.be/pA5uZt4Vyas

Namun aku juga tidak dapat nonton secara live karena aku agak pusing dan langsung tertidur. pagi-pagi dapat  pesan Wa dari teman saya yang juga termasuk pembaca pantun kolosal ibu DR. Erlawana. beliau ikut serta ke Batam dan ikut menyaksikan acara secara langsung. isi pesan tersebut mengatakan bahwa "Nizariah termasuk 25 Nominasi Penulis Pantun Terbaik Indonesia," langsung aja aku bangun dan buka link youtube untuk menonton acara Pantun tersebut. aku nonton secara seksama setiap rangkaian kegiatan, sampailah pada MC membacara 25 Nominasi Penulis Pantun Terbaik dan ternyata ada nama Nizariah dari Aceh, langsung ucap syukur Alhamdulillah  ya Allah.



Nominasi ini membuktikan ketekunan dan keyakinan ku dalam mengikuti semua proses dalam membuat pantun sampai melengkapi pantun budaya dengan bukti budaya sesuai dengan baik-baik yang tersusun rapi.

Pantun Budaya Mutiara dari Aceh
Karya Nizariah


Barisan seni penari saman
Duduk sejajar tertata rapi
Niatkan budaya sebagai warisan
Tampuk harapan tiada tepi

Selaksa gunongan indah nuansa
Bukti  Raja cinta sehati
Bangsa ditanda karena bahasa
Bukti negara daulat sejati

Menari lihai ranup lampuan
Depan mempelai sedang bergandeng
Negeri ini negeri ketimuran
Sopan santun menjadi tameng

Istana megah Iskandar Muda
Sebagai pertanda negeri berdiri
Bijaksana pendahulu bersabda
Hargai budaya karya sendiri

Sabang dikenal asri melekat
Berdiri indah laut bahari
Pegang erat adat istiadat
Ciri bangsa berjati diri

Pesona aceh tumpuan asa
Penuh berseni megah berciri
Bina bersama generasi bangsa
Patuh petuah budaya sendiri

Kami disuruh rekam suara baca Pantun dan harus melengkapi temapat-tempat budaya boleh rekam bersama pembaca boleh budaya aja, selanjutnya Tim PERUAS yang diketui oleh Bang Asrizal Nur yang akan merangkainya dan suatu vidio lengkap dan tampilkan dalam chanel youtube, ini canel youtubenya;

https://www.youtube.com/watch?v=wG36nWdFip8




Mari berkarya...,  jangan hanya berharap hasil tp tunjukkan kemauan, kesungguhan bekerja  dan kinerja  serta profesional kita,  hasil hanya bonus yang  Allah berikan kpd hambanya.....
(...Nizariah...)

No comments:

Post a Comment

  SMA Negeri 1 Ingin Jaya meraih special Award pada even Internasional  di Bangkok Boeh Giri Body  Scrub, nama sebuah lulur produk inovatif ...